Sebagai makhluk Tuhan, manusia dan hewan memiliki kelebihan di banding dengan tumbuhan. Yaitu manusia dan hewan memiliki otak, sedang tumbuhan tidak. Namun perbedaan otak manusia dan hewan adalah bahwa pada otak manusia memiliki kemampuan yang disebut dengan akal / olah pikir.

Kemampuan akal ini bukan main menakjubkan. Dengan akal kita mampu membedakan baik atau buruk, benar atau salah, bijak atau picik. Bahkan hingga bisa membedakan akun real atau akun klonengan. Namun pada beberapa individu, sepertinya fungsi akal ini belum bekerja dengan sempurna hingga mereka kesulitan menentukan apakah artikel yang mereka share di social media termasuk valid, hoax ataupun satir.

Menurut teman saya yang bernama @masasdani. Pola pikir pada manusia dibagi menjadi empat tahap / fase. Perkembangan pada tiap fase tersebutlah yang di yakini mampu membentuk sifat dan karakter masing masing individu.

Olah Fakta

Di usia 0 – 7 tahun, otak manusia sebagian besar digunakan untuk memproses segala sesuatu yang tertangkap oleh indra mereka. Manusia mulai mampu untuk menyimpulkan data keadaan yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Pada usia ini, persepsi persepsi sudah mulai dibangun di dalam jaringan otak.

Olah Faktor

Usia 7 – 12 tahun, yang kalau di indonesia biasanya berada pada kelas 1 – 6, otak manusia pada usia ini mulai mengenal hukum sebab – akibat. Melalui fakta yang ada dan sudah terkumpul, manusia mulai bisa melakukan proses “memperkirakan” dan “menganalisa” sebab dan akibat yang terjadi pada pilihan yang mereka buat.

Olah Fungsi

Pada fase ini, otak manusia mulai melakukan proses yang lebih rumit. Ia mulai melakukan pengenalan terhadap aktivitas yang dilakukan dan menggolong-golongkan berdasar kesamaan sifat dan pelaksanaan nya. Jadi wajar apabila pada fase ini manusia mulai mempertanyakan dan mencari jati diri mereka. Hal ini dikarenakan akal mereka sedang melakukan proses pengenalan fungsi. Yang akhir nya berujung pada pertanyan retoris tentang siapa diri mereka.

Olah Fisi

Seharus nya visi, tapi biar seragam dan kelihatan cantik kayak bintang jav aura kasih kita sepakati saja untuk diganti jadi Fisi. Pada fase ini, otak manusia mulai belajar untuk menentukan tujuan. Akal mereka sudah mulai matang untuk mengambil keputusan berdasar analisa fakta, faktor, dan fungsi. Pada fase ini pula manusia sudah mulai dapat menentukan arah dan langkah hidupnya. Ada yang memutuskan untuk nikah muda seperti @_tojay atau bahkan menjomblo sepanjang umur nya saat ini seperti @vincen dan @_agacat

Perumbuhan yang baik atas keempat fase tersebut sangat diperlukan untuk menentukan tingkat kedewasaan olah pikir manusia, disamping faktor pendidikan, keluarga, dan lingkungan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kelakuan manusia manusia yang mengaku kekinian di dunia social yang tidak mampu untuk membedakan validitas sebuah artikel dan bertindak sebagai clicking monkey, telah mengalami pertumbuhan yang tidak sehat pada salah satu fase olah pikir mereka.

Think_III_by_pincel3d

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *